Petunjuk Penggunaan Oven Gas

Cara Penggunaan

Tampak Depan Body Oven

Tampak Depan

1. Tutup atas oven
2. Termometer / Pengukur suhu
3. Kaca oven tahan panas
4. Pintu oven kokoh dan tebal
5. Pegangan pintu alumunium yang kuat
6. Tutup api bawah untuk menyalakan api bawah oven
7. Handle angkat


Petunjuk Penggunaan Oven Gas

Tampak Belakang Body Oven

Tampak Belakang

1. Elbow / Sambungan pipa api
2. Valve gas
3. Pipa bawah atas dan bawah
4. Spuyer api atas dan bawah
5. Dudukan pipa gas
6. Handle angkat
7. Tabung gas


Petunjuk Penggunaan

Kaki Meja Oven Gas

Kaki Oven Gas Knock Down

1. Meja oven gas
2. Rak oven gas
3. Roda


Cara Penggunaan

1. Pasang valve pada elbow (sambungan pipa api).
2. Pasang selang pada tiap-tiap valve.
3. Pasang kepala regulator pada tabung gas LPG.
4. Pasang kaki meja.
5. Sebelum menyalakan oven gas, ikuti petunjuk berikut :
– Tiap valve dibuka full (berlawanan arah jarum jam), gunanya agar aliran gas menyebar merata masuk ke setiap pipa-pipa oven, lakukan 10 detik, lalu tutup kembali valve gas ke posisi semula.

6. Untuk memastikan pipa api berfungsi, maka buka valve gas tidak terlalu full atau ± ½ putaran valve, gunakan pematik untuk menyalakan api atas terlebih dahulu, lalu berikutnya nyalakan api bawah (lihat no.6 pada gambar Tampak Depan).

7. Untuk mendapatkan hasil yang merata pada pipa api atas, nyalakan api satu persatu pada tiap pipa api dengan pematik (Model Standard : 6 pipa, model M40 : 4 pipa, model SP1 : 8 pipa), untuk api bawah hanya perlu menyalakan pematik satu kali saja pada satu pipa, selanjutnya menyalakan aliran gas akan mengalirkan api ke pipa yang lain dengan merata.


Cara Pengaturan Api

1. Untuk mendapatkan suhu yang maksimal / sesuai dengan yang diinginkan, nyalakan api atas dan bawah pada oven.

Contoh : Kue kering

– Untuk kue kering biasanya suhu diperlukan 150ºC, untuk menyalakan api gunakan api atas dan api bawah hingga suhu 180ºC, jika sudah mencapai suhu 180ºC matikan api atas. Perhatikan suhu karena ketika adonan akan dimasukan untuk dipanggang, udara didalam oven akan keluar, sehingga mengakibatkan turunnya suhu ruangan pada oven menjadi dibawah 180ºC atau ± 160ºC.

2. Jika suhu terlalu panas, kecilkan api dengan cara memutar valve gas ke arah jarum jam, namun sebaliknya jika suhu kurang dari yang diinginkan, besarkan api dengan memutar valve gas ke arah sebaliknya.


Cara Perawatan Oven Gas Golden Stars

1. Jika sudah menggunakan oven gas sebaiknya oven dibesihkan dengan cara dilap menggunakan kanebo lembab setelah oven dalam keadaan dingin.

2. Jika oven digunakan setiap hari atau sering digunakan, maka nyala api akan stabil. Namun jika jarang digunakan maka kemungkinan lubang pengapian akan tersumbat, biasakan membersihkan bekas tetesan adonan yang menempel pada ruang dalam oven gas untuk menghindari penyumbatan pada lubang pengapian.

3. Jika oven tidak akan digunakan dalam jangka waktu yang lama, agar tetap awet dan tidak berkarat, maka bersihkan semua bagian oven seperti rak, pengapian dan juga body oven.


 PERHATIAN !

Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan

1. Pada saat pertama menyalakan oven gas yang masih baru, oven akan mengeluarkan asap dan bau
karena pembakaran cat yang menempel di sekitar ruang dalam oven, untuk mengatasi hal tersebut masukan daun pisang ke dalam tiap rak oven gas, -/+ 15 menit, diulang selama 3 kali dalam keadaan api atas dan bawah dinyalakan.

2. Pada saat menyalakan pengapian oven gas, jangan membuka kran gas api terlalu penuh ( guna menghindari api menyambar).

3. Lepas kepala regulator dari kepala tabung gas apabila oven gas tidak dipakai.

TERIMAKASIH ATAS KEPERCAYAAN ANDA MEMAKAI PRODUK KAMI
DAN PASTIKAN ANDA SELALU MEMAKAI PRODUK GOLDEN STARS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *